Senin, 02 November 2009

Mawu Pacaran Sehat ??

Mungkin sebagian dari kita pernah menanyakan hal tersebut ke teman, sahabat atau bahkan ke orang tua. Apa mesti minum obat, vitamin, atau malah pake jimat ? Hehehe… Pacaran sehat adalah pacaran yang nggak “macem-macem.” Atau boleh dibilang gaya pacaran yang sehat sehat yaitu pacaran yang bermanfaat ‘n bertanggung jawab. Semua hal di dunia ini pasti ada sisi positif dan negatifnya, termasuk juga pacaran. Pacaran sih boleh2 aja, tapi harus mengerti batasannya, apa yang boleh dan gak boleh dilakukan. Singkatnya, pacaran "sehat" harus jadi pilihan kita kalau enggak mau kena akibatnya.

Nah, berikut ini adalah beberapa syarat yang harus dipenuhi supaya gaya pacaran kita termasuk kategori yang sehat:

1. Sehat Fisik Tidak adanya kekerasan dalam berpacaran. Ini berarti bahwa cowok tidak dibenarkan berbuat seenaknya terhadap kaum cewek.

2. Sehat Emosional Bila kita menjalin hubungan dengan seseorang, pastinya kita ingin mempunyai rasa nyaman, saling pengertian, dan juga keterbukaan. Maksudnya adalah agar terjalin hubungan yang baik dan harmonis. Yang paling penting adalah bagaimana kita mengungkapkan dan mengendalikan emosi dengan baik.

3. Sehat Sosial Pacaran sebaiknya bersifat tidak mengikat, artinya hubungan sosial dengan yang lain tetap harus dijaga dan kita tidak selalu fokus hanya pada pacar saja.

4. Sehat Seksual Secara biologis, kaum remaja mengalami perkembangan dan kematangan seks. Tanpa disadari, pacaran juga mempengaruhi kehidupan seksual seseorang. Kedekatan secara fisik dapat mendorong keinginan untuk melakukan kontak fisik yang lebih jauh. Jika hal itu diteruskan dan tidak terkontrol, maka dapat menimbulkan hal-hal yang sangat berisiko.

Memang banyak hal yang harus dipertimbangkan kalo kita mau pacaran, selain penjelasan di atas tentunya. Tapi, buat kalian yang udah pada pacaran, coba deh kaji ulanggaya pacaran kalian, sudah sehat atau baru setengah sehat, atau jangan-jangan nggak sehat sama sekali…?? Sebelum terlanjur, cepet ambil keputusan…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar